Looking For Anything Specific?

Header Ads

Klasifikasi DDC 22: Buku Kerja


Untuk mewujudkan cara penyimpanan dan penyusunan koleksi perpustakaan, para pakar ilmu perpustakaan telah menciptakan bagan klasifikasi. Klasifikasi seperti ini digunakan untuk mengelompokkan bahan pustaka. Pada kebanyakan perpustakaan dewasa ini telah menyusun koleksinya berdasarkan subjek atau klasifikasi fundamental.

Buku berjudul Klasifikasi DDC hidup 22: Buku kerja karya Zulfikar Jan adalah buku pegangan baik bagi pengajar maupun mahasiswa dalam mempelajari mata kuliah klasifikasi. Ketersediaan buku kerja ini memungkinkan pengajuan klasifikasi dilakukan secara bertahap dan terstruktur sehingga memudahkan mahasiswa memahami mekanisme penggunaan skema klasifikasi. Nilai tambah dari buku kerja adalah mahasiswa mendapatkan pelajaran berharga mendiskusikan jawaban dari tugas yang dikerjakannya.


Untuk memudahkan pemahaman proses pengkatalogan dan hubungannya dengan klasifikasi, maka pada bagian awal buku ini membicarakan juga perpustakaan sebagai suatu sistem informasi dan proses analisis subjek. Analisis subjek adalah kegiatan menentukan subjek yang menghasilkan subjek dalam bahasa alamiah (natural language), kemudian menterjemahkannya dalam bahasa indeks (index language).

Buku ini juga dilengkapi dengan contoh-contoh soal yang harus dikerjakan mahasiswa. Termasuk contoh ujian tengah semester dan ujian akhir semester.


---
Call number: 025.431 Zen K
Zulfikar Zen. 2009. Klasifikasi DDC 22: Buku Kerja. Depok: Program Studi Ilmu Perpustakaan FIB UI

Post a Comment

0 Comments