Dunia usaha sedang mendapatkan sorotan tajam dari banyak kalangan, seputar kegiatan yang menyebabkan kerusakan lingkungan hidup. Perusahaan dituding bertanggung jawab atas penurunan kualitas lingkungan hidup, misalnya polusi air, tanah, dan udara, serta pemanasan global. Dari fakta yang ditemui, lihat masih rendahnya kesadaran perusahaan dalam upaya memproduksi barang atau jasa yang aman untuk dikonsumsi dan aman bagi lingkungan hidup.
Hubungan antara usaha dengan alam sekitar mendapat kritik tajam banyak kalangan, organisasi masyarakat dan lembaga swadaya masyarakat. Hal ini dapat mengancam perusahaan dalam kompetisi ke depan. Dan karena Citra atau reputasi perusahaan harus tetap baik dan terjaga, masukan dan kritik dari masyarakat perlu mendapat perhatian serius karena mereka adalah pasar sasaran.
Dampak luar biasa dari globalisasi adalah penurunan kualitas lingkungan yang terjadi secara global dan dampaknya semakin dirasakan. Untuk masa depan bisnis, kita tidak saja berbicara tentang cara menghadapi persaingan kualitas, tetapi juga memasukkan masalah lingkungan sebagai salah satu faktor yang dapat mempengaruhi peta posisi produk di pasar.
Era Orientasi pelanggan kini berkembang ke arah baru yang disebut era orientasi lingkungan. Era ini lahir dari kekhawatiran yang boleh jadi dianggap berlebihan oleh banyak kalangan, tetapi ada saja kemungkinan terjadi. Kekhawatiran yang mendorong munculnya era bisnis berbasis lingkungan itu dipicu oleh kerusakan lingkungan yang tidak terkendali dan mengancam kehidupan manusia di muka bumi.
Melihat bayangan yang akan terjadi pada bisnis berbasis lingkungan, praktisi komunikasi pemasaran perlu menyiapkan strategi baru guna menghadapi setiap bentuk persaingan. Menentukan tindakan yang dapat dilakukan oleh manajer komunikasi pemasaran selama masa transisi dari era orientasi pelanggan menuju reorientasi lingkungan.
Buku Era bisnis ramah lingkungan: strategi marketing communication masa depan ini diawali dengan pembahasan mengenal lingkungan hidup dan perkiraan kondisi perusahaan di masa depan. Agar anda terbantu dalam Merancang strategi komunikasi yang tepat, karena kita tahu bahwa setiap hari kita akan menjumpai hal-hal baru yang mengejutkan, misalnya perubahan perilaku konsumen. Buku ini diharapkan para profesional komunikasi pemasaran dapat membayangkan kondisi pasar masa depan, dimana isu lingkungan hidup akan berperan penting dalam keputusan konsumen untuk membeli produk yang ramah lingkungan. Untuk mengetahui strategi yang dapat anda gunakan dan bagaimana mengaplikasikannya, bacalah buku ini.
---
Data Koleksi
call number: 658.405 Ken E
Jhon E. Kennedy. 2009. Era bisnis ramah lingkungan: strategi marketing communication masa depan. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer
0 Comments