Looking For Anything Specific?

Header Ads

Reviuew Buku Michael D. Ruslim: Lead My Heart

Nilai seorang pemimpin terletak pada kemampuannya memainkan banyak peran: Membawa organisasi serta orang-orang yang ia Pimpin menghasilkan sebesar-besarnya manfaat bagi semua pemangku kepentingan, yaitu karyawan, pemegang saham, lingkungan, masyarakat, bahkan bangsa dan negara.

Buku Michael D. Ruslim: Lead My Heart adalah rekam jejak Michael D. Ruslim, CEO Astra 2005-2010, dalam mengembangkan banyak peran kepemimpinan. Berpegang pada filosofi Astra, catur Dharma, Michael tidak hanya mencetak prestasi kuantitatif, tetapi juga kualitatif dengan menyeimbangkannya dengan kinerja sosial dan lingkungan. Lewat program Satu Indonesia dia bahkan menggelorakan semangat nation and character building.


Buku ini mememotret sosok Michael dalam 4 bagian. Pertama, leadership mastery. Ini adalah sekilas perjalanan seorang Michael sejak dari Bandung, kuliah di berkeley, bekerja di Citibank hingga bergabung ke Astra dan menjadi CEO. Perjalanan yang menjadi tonggak untuk langkah-langkah besarnya kelak.

Bagian kedua mengupas Bagaimana beliau mengelola bisnis-bisnis Astra, gaya manajemen yang dipraktikkannya termasuk saat menghadapi badai krisis Global 2008. Dengan eksekutif intelijen yang dimilikinya, dengan cepat Michael menavigasi Astra meniti badai. Pengalaman yang panjang dalam keikutsertaannya melakukan restrukturisasi utang Astra di tahun 1998 dan dalam kurun waktu 2002 -2004, turut menopang kesuksesannya membuat perusahaan meniti krisis.

Bagian ketiga lebih menyoroti Michael dalam hal mengelola orang (managing poeple), mengupas aspek-aspek yang menjadi kehirauannya dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM) Astra. Michael adalah strong believer pada kekuatan SDM sebagai pilar kesuksesan organisasi. Baginya, teknologi dan kemasan bisa dibeli, produk dan jasa pun bisa ditiru. Manusia? Human capital adalah aset terbesar yang sangat sulit untuk diduplikasi.

Terakhir bagian keempat mengupas Bagaimana Michael menggerakkan aktivitas dan bisnis yang memperlihatkannya sebagai seorang pemimpin yang sangat peduli pada citizenship issues, hal-hal diluar urusan finansial yang menyangkut sosial dan lingkungan, yang sering disebut sebagai triple bottom line. Berpandangan perlunya keseimbangan dalam aktivitas profit dan nonprofit,,,,, ia mendorong lembaga-lembaga non profit Astra untuk semakin berkembang sehingga bisa mengamalkan catur Dharma. Bahkan spirit nasionalismenya yang besar menggerakkan lahirnya SATU Indonesia, program yang sangat kental dengan napas persatuan dan wawasan kebangsaan.

Buku ini didedikasikan untuk almarhum Bapak Michael Dharmawan Ruslim, pemimpin yang menginspirasi dan kelembutan serta keteguhan hati.

===
Data Koleksi Pustakaloka Nus

Call number: 923.3 San M

Wiwiek D. Santoso, dkk. 2011. Michael D. Ruslim: Lead My Heart. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Post a Comment

0 Comments