Looking For Anything Specific?

Header Ads

Tata ruang rumah sederhana - Tutu TW Surowiyono


Sebuah rumah yang telah dirancang dengan sebaik-baiknya, tentu akan terbangun rumah yang baik, tetapi tanpa penataan ruang yang baik dan benar, rumah itu belum tentu menjadi rumah yang nyaman, sebuah rumah yang indah dan menyenangkan.

Tata ruang merupakan bagian tak bisa dipisahkan dengan perencanaan bangunan secara keseluruhan. Rumah ibarat manusia yang tampan atau cantik dan tidak peduli kaya atau miskin, tetapi jika mengenakan busana yang buruk dan tidak serasi tentu ketampanan atau ketan kecantikannya akan berkurang.


Tata ruang sering diartikan sebagai suatu kemewahan, karena tata ruang dianggap sekedar memperindah ruangan saja. Anggapan itu timbul mungkin disebabkan orang sering melihat kebanyakan rumah mewah atau besar tampak lebih indah daripada rumah kecil. Anggapan itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar, sebab kini sudah banyak rumah kecil yang tampak indah dan terasa nyaman karena tertata dengan baik dan benar.

Sebenarnya tata ruang merupakan upaya peningkatan kualitas ruangan secara menyeluruh, yaitu peningkatan Fungsi ruang, keindahan, kesehatan, dan kenyamanan. Jika kualitas ruang secara keseluruhan meningkat, maka kualitas rumah secara keseluruhan juga meningkat, sebab pada dasarnya rumah merupakan kesatuan dari berbagai ruangan.

Buku Tata ruang rumah sederhana, karya Tutu TW Surowiyono, merupakan buku yang menyampaikan dasar-dasar tata ruang melalui contoh-contoh penataan ruang secara praktis agar lebih mudah. Contoh-contoh yang disajikan pada umumnya untuk ruang ruang ukuran kecil, sebab beruang ukuran kecil mempunyai banyak keterbatasan sehingga memerlukan penataan yang lebih cermat agar menjadi ruang yang indah dan nyaman. Materi pembahasan tentang penataan ruang dimulai dari ruang tamu, ruang makan, dapur, dan kamar tidur.

===
Data koleksi Pustakaloka Nus

Call Number: 729.24 Sur T
Tutu TW.  Surowiyono.  2005. Tata Ruang Rumah Sederhana. Jakarta : Restu Agung.

Post a Comment

0 Comments