Looking For Anything Specific?

Header Ads

Gen M: Generation Muslim - Yuswohady dkk

Deskripsi buku Gen M: Generation Muslim - Yuswohady dkk



Ide buku ini dipicu oleh matriks dalam buku marketing the middle class muslim, yang terbit 2014 lalu. Matriks ini menggambarkan fase konsumen kelas menengah muslim Indonesia, yaitu apatis, rasionalis, konformis, dan universalis. 

Kami meyakini ke depan sosok universalis akan semakin membesar di Indonesia. Universal itu adalah kaum muslim yang di satu sisi memiliki pengetahuan atau wawasan luas, pola pikir globsl, dan melek teknologi, tetapi di satu sisi lain secara Teguh menjalankan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari. Memahami dan menerapkan nilai-nilai Islam secara substantif, bukan sekedar normatif. Mereka lebih menerima perbedaan dan cenderung menjunjung tinggi nilai-nilai yang bersifat universal.

Kenapa muslim universal bakal berkembang pesat dan mendominasi pasar Indonesia? Dengan mengacu pada materi tersebut karena melihat akan terjadi dua pergeseran.

Pertama, pergeseran ke kanan ketika muslim kelas menengah kita akan semakin religius. Mereka semakin mencari spritual value. Setiap pengambilan keputusan pembelian dan konsumsi produk akan dikaitkan dengan ketaatan pada nilai-nilai Islam.

Kedua, pergeseran ke atas ketika muslim kelas menengah kita akan semakin modern, berpengetahuan, techy, makmur dan berwawasan Global sehingga mereka semakin cerdas dan demanding (mencari manfaat fungsional dan emosional) dalam membeli dan mengkonsumsi produk.

Dengan berbagai karakteristik tersebut, meyakini bahwa ke depan sosok universal akan menjadi kekuatan pasar yang luar biasa di Indonesia, baik dari sisi besaran pasar (size) maupun pertumbuhannya (growth).

Nah keluar dari pasar ini proses ini adalah segmen yang Kami beri nama generation muslim atau #GenM. Michael lahir di sekitar akhir 1980-an dan merupakan generasi muslim yang mengalami kebebasan berekspresi keagamaan dan menikmati kemakmuran ekonomi. Mereka adalah muslim yang menjadi warga Global Village. Digital Savvy, oleh karena itu kami menggunakan lagu yang menyerupai simbol "@".

Inilah Creme de la Creme pasar muslim Indonesia. Memang semesta yang akan menentukan kesuksesan terperangkap di masa depan.

---

Data koleksi Pustakaloka Nus 

Call Number : 297.273 Yus g

Yuswohady dkk. 2017. Gen M: Generation Muslim. Yogyakarta: Bentang Pustaka 

Post a Comment

0 Comments