Looking For Anything Specific?

Header Ads

Profil Kube Unggulan di Lima Lokasi 2011

Kemiskinan merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Tidak satupun negara yang terbebas dari kemiskinan. Bertolak dari itu sejalan dengan komitmen nasional dan internasional maka penanggulangan Kemiskinan menjadi prioritas utama pelaksanaan pembangunan bidang Kesejahteraan Sosial.


Penanggulangan kemiskinan perdesaan merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah pusat, provinsi, kabupaten dan masyarakat, sehingga kegiatan terstruktur di pusat dan di daerah. Kegiatan penanggulangan kemiskinan didasarkan pada pendekatan pembangunan bertumpu kelompok. Pendekatan kelompok didasarkan atas kesamaan tujuan, kesamaan kegiatan, kesamaan domisili yang pada dasarnya mengarah pada efisiensi dab efektivitas serta mendorong tumbuh dan berkembangnya modal sosial.


Penanggulangan kemiskinan pedesaan dilakukan melalui kelompok usaha bersama (KUBE) dengan beberapa alasan:

  • Memudahkan dalam pembinaan monitoring agar lebih efektif dan efisien
  • Saling membantu9 saling interaksi, dan saling mendukung satu sama lain
  • Menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan, kepedulian dan kesetiakawanan sosial sesama anggota.
  • Menggerakan keswadayaan, menguatkan usaha anggota, wadah pembinaan sosial ekonomi dan budaya.


Buku profilku unggulan di 5 lokasi membahas mengenai keberhasilan kube dalam kaitan dengan pemberantasan kemiskinan perdesaan. Lima kube unggulan berada dari Provinsi Aceh, Banten Jawa Timur, Yogyakarta dan Jawa Barat.


Mewakili Provinsi Aceh ada kube Brahmana yang berlokasi di desa Mitutaman Kecamatan Darussalam Kabupaten Aceh Besar dengan fokus pada usaha peternakan sapi. Mewakili Provinsi Banten ada Kube Karya Abadi desa Pondok kelor Kecamatan Sepatan Timur kabupaten Tangerang dengan fokus usaha adalah konveksi. Mewakili Provinsi Jawa Timur ada Kube anggrek yang berlokasi di Dusun jopatran Desa Nglundo Kecamatan Sukomoro Kabupaten Nganjuk dengan fokus usaha pada peternakan. Untuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ada kube sidomakmur yang berlokasi di desa murtigading kecamatan Sanden kabupaten Bantul dengan fokus usaha pada peternakan. Sedangkan provinsi Jawa Barat bahas mengenai kubu-kubu yang bekerjasama dengan program chevron geothermal Indonesia.


---

Data koleksi Pustakaloka Nus 

Direktorat Penanggulangan Kemiskinan Perdesaan. 2011. Profil Kube Unggulan di Lima Lokasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan. 


Call Number:

361.6 Dir p

Post a Comment

0 Comments