Looking For Anything Specific?

Header Ads

Buku Revitalisasi Pendidikan Islam - Jazuli Juwaini

Sinopsis Buku Revitalisasi Pendidikan Islam - Jazuli Juwaini

Peranan dan sumbangsih lembaga pendidikan Islam sangat besar dalam mencerdaskan anak bangsa. Namun sampai saat ini, lembaga pendidikan Islam seperti Madrasah dan pesantren masih berkutat dengan berbagai permasalahan dan terpinggirkan dalam dunia pendidikan Indonesia.

Harus ada upaya revitalisasi pendidikan Islam baik dari pemerintah, masyarakat, dan lembaga pendidikan Islam itu sendiri. Revitalisali pendidikan Islam terutama dalam hal penguatan regulasi dan kebijakan dari pemerintah. Karakteristik dan keistimewaan lembaga pendidikan Islam harus diakomodir dalam regulasi tersendiri.


Dengan berbagai penguatan dan pengembangan tersebut diharapkan terjadi perubahan yang signifikan terhadap kondisi pendidikan Islam. Dengan demikian peningkatan mutu pendidikan Islam menjadi sebuah keniscayaan ditengah-tengah pergulatan dan aksi Pendidikan Indonesia.

Buku Revitalisasi Pendidikan Islam karya Jazuli Juwaini ini mengupas secara komprehensif dan gamblang perjalanan, peranan, dan kontribusi Madrasah dan pesantren. Dengan berbagai masalah dan keterbatasannya, madrasah dan Pesantren terbukti mampu memberikan kontribusi nyata dalam melahirkan generasi berkualitas moral dan intelektual.

Buku Revitalisasi Pendidikan Islam ini juga mengajak kita untuk merevitalisasi pendidikan agama di sekolah umum, masyarakat, dan yang paling utama dan pertama dimulai dari keluarga. Revitalisasi pendidikan Islam seyogianya dilakukan oleh semua pihak dalam rangka membentuk generasi muda dari dekadensi moral dan perilaku radikal.

Buku ini Mematahkan stigma segelintir orang yang mengaitkan Islam dengan perilaku teroris dan radikal. Justru dengan revitalisasi pendidikan Islam diharapkan tercipta suatu manifestasi Ril yang tercermin dalam perilaku bermoral. Nilai Islam menjadi kepribadian anak Sehingga dalam segala sikap tindakan perbuatan dan perkataannya akan dikendalikan oleh pribadi yang terbina didalamnya nilai Islam, menjadi pengendali perbuatan.

Dengan modal itu bangsa ini Insya Allah akan memiliki daya saing yang kuat yang memberikan pijakan kuat untuk menghadapi kehidupan secara enlighting dan visible, serta tidak kehilangan identitas diri sebagai bangsa Indonesia yang taat beragama dalam arti seluas-luasnya.

===
Data Koleksi Pustakaloka Nus

Call Number: 297.77 Juw R

Jazuli Juwaini. 2011. Revitalisasi Pendidikan Islam. Jakarta: Beningcitra Publishing 

Post a Comment

0 Comments