Looking For Anything Specific?

Header Ads

buku teknologi tepat guna & dunia alternatif, Nao Tanaka

Teknologi tepat guna secara umum dapat didefinisikan sebagai teknologi yang sesuai dengan kondisi dimana teknologi tersebut digunakan atau diterapkan, baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun budaya, sehingga masyarakat setempat mudah berpartisipasi dan bisa memenuhi kebutuhan mereka secara efektif. Konsep teknologi tepat guna dilatarbelakangi oleh proyek bantuan internasional atau bilateral yang sebelumnya sering gagal karena Teknologi yang dikembangkan di negara maju langsung dialihkan ke negara berkembang yang memiliki kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang sangat sangat berbeda.


Kalau di tepat guna mengacu pada teknologi yang merupakan alternatif dari teknologi modern. Adakalanya teknologi tepat guna didiskusikan dan diterapkan dalam konteks pembangunan negara berkembang, namun ada kalanya juga didiskusikan yang diterapkan dalam konteks mencari alternatif dari teknologi modern.


Dalam buku teknologi tepat guna & dunia alternatif, Nao Tanaka sang penulis mendeskripsikan teknologi-teknologi yang akan dibutuhkan untuk masa depan kita dan arah pengembangan dunia alternatif yang akan diwujudkan melalui teknologi tersebut. Asumsi yang digunakan dalam buku ini adalah teknologi tepat guna dianggap sebagai teknologi yang memiliki misi baru dengan makna ganda.


Pada bab 1 akan menceritakan tentang bagaimana Tanaka sebagai penulis buku ini tertarik dan terinspirasi dari kehidupan dan pola atau bentuk teknologi yang ada di Indonesia. Bab ini juga akan menjabarkan ketertarikan penulis untuk mengembangkan teknologi tepat guna. Juga akan dijelaskan tentang istilah teknologi tepat guna dan sejarah perkembangannya di dunia.


Bab 2 dan Bab 3 menjabarkan praktik pengembangan teknologi tepat guna yang penulis lakukan di Indonesia. Bab 2 Menceritakan tentang proyek pengembangan teknologi tepat guna pengolahan air limbah. Bab 3 berupa laporan tentang praktik pengembangan teknologi tepat guna energi biomassa yang memanfaatkan limbah biomassa yang sangat berlimpah di Indonesia.


Selanjutnya di bab 4, berdasarkan pengalaman-pengalaman yang telah diceritakan pada bab sebelumnya, penulis mendeskripsikan teknologi yang diperlukan bagi masa depan dunia dan dunia alternatif yang akan diwujudkan dengan teknologi tersebut. Kemudian akan ditunjukkan adanya bidang pengembangan teknologi baru yang sangat penting dan memiliki peluang besar untuk masyarakat di negara berkembang yang memenuhi Mayoritas penduduk dunia ini.

Nao Tanaka. 2012. Teknologi tepat guna & dunia alternatif. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer

Post a Comment

0 Comments