Looking For Anything Specific?

Header Ads

Buku Grand design penanggulangan kemiskinan pedesaan

Kemiskinan merupakan masalah utama negara berkembang termasuk Indonesia, dimana penanggulangannya perlu dilakukan secara kreatif, koperatif dan berkesinambungan. Indonesia Masih dihadapkan dengan populasi penduduk miskin yang masih cukup besar. Bertitik tolak dari kondisi geografis dan demografis dapat digambarkan bahwa masyarakat miskin yang berada di wilayah pedesaan ternyata lebih besar dibandingkan di perkotaan.


Grand design penanggulangan kemiskinan perdesaan ditetapkan dengan tujuan untuk menjadi dasar dan arah dalam membuat suatu rancangan kebijakan dan program serta kegiatan penanggulangan kemiskinan di pedesaan sehingga dapat memudahkan pelaksanaan program bagi semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan penanggulangan kemiskinan di pusat dan daerah, sehingga tercipta kesamaan langkah dalam pelaksanaan penanggulangan kemiskinan perdesaan.


Sistematika Buku Grand design penanggulangan kemiskinan pedesaan adalah sebagai berikut.

Bab 1 pendahuluan, meliputi: dasar pemikiran,tujuan, sasaran, landasan hukum dan sistematika grand design.

Bab 2 konsep perdesaan, meliputi: gambaran umum, pengertian, dan karakteristik.

Bab 3 konsep kemiskinan pedesaan, meliputi: kemiskinan, kategori kemiskinan, penyebab kemiskinan, tujuan dan sasaran penanggulangan kemiskinan, potensi dan daya dukung, paradigma penanggulangan kemiskinan.

Bab 4 kebijakan, strategi, prinsip dan pendekatan, meliputi: kebijakan, strategi, area-area aksi penanggulangan kemiskinan pedesaan, prinsip dan pendekatan.

Bab 5 Kelembagaan dan kegiatan, meliputi: kelembagaan dan kegiatan

Bab 6 pengendalian dan indikator, meliputi: pengendalian dan indikator

Bab 7 penutup.

Sasaran pengguna buku ini adalah pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, perguruan tinggi, pihak swasta, masyarakat umum. 


---

Data Koleksi pustakaloka Nus

Call Number : 361.6 Dir g


Post a Comment

0 Comments