Looking For Anything Specific?

Header Ads

Buy-In: Memenangkan gagasan dengan sederhana, jelas, dan masuk akal



Dalam penelitian dan pendidikan seperti halnya dalam bisnis kemajuan yang sering tertunda bukan karena kurangnya ide bagus, melainkan karena tidak berhasil meyakinkan orang untuk menerimanya.
Maria Klawe
Rektor Harvey Mudd College

Terkadang gagasan bagus saja tidak cukup. Anda punya gagasan bagus. Anda yakin gagasan itu akan membawa perubahan penting bagi diri anda, perusahaan anda, dan komunitas anda. Anda mempresentasikannya berharap mendapat dukungan antusias. Akan tetapi yang terjadi justru sebaliknya. Anda mendapatkan pertanyaan membingungkan, komentar tidak penting, dan serangan secara lisan. Sebelum sadar apa yang terjadi, gagasan anda sudah mati dan hancur.


Menurut Jhon P. Kotter dan Lorne A. whitehead, kondisi ini tidak seharusnya terjadi. Dalam buku Buy-In: Memenangkan gagasan dengan sederhana, jelas, dan masuk akal, mereka menjelaskan Bagaimana cara melindungi gagasan yang bagus dan memenangkan dukungan yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Kuncinya, pahami strategi serangan mereka yang menolak tidak setuju dan putus asa seperti:
  • Menghabisi dengan cara menunda-nunda: Selalu menunda atau mengalihkan pembicaraan tentang gagasan Anda sehingga momentumnya hilang.
  • Membingungkan: Menunjukkan berbagai informasi yang tidak relevan sehingga menghilangkan keyakinan terhadap gagasan anda.
  • Menumbuhkan rasa takut: Menimbulkan kekhawatiran yang tidak beralasan atas gagasan anda.

Pembunuhan karakter: Meremehkan reputasi dan kredibilitas anda.

Dengan menggunakan cara bercerita yang segar dan menyenangkan, kedua penulis buku Buy-In: Memenangkan gagasan dengan sederhana, jelas, dan masuk akal menunjukkan bahwa menghindar atau berusaha menolak serangan tidak akan berhasil. Berdasarkan pendekatan kontraintuitif, jauh lebih baik apabila anda berhubungan secara terhormat dengan lawan anda dan mempertahankan gagasan anda dengan Respon yang sederhana dan meyakinkan. Inilah yang akan menentukan nasib Anda. Mengundang singa masuk ke Sarang anda untuk mengkritisi gagasan anda dan bersiap dengan kemungkinan yang akan mereka lakukan terhadap anda, anda akan berhasil mendapatkan perhatian mereka. Anda akan membantu mereka memahami nilai gagasan anda. Dan anda bisa memastikan komitmen mereka untuk menerapkan solusi- menenangkan pikiran dan perasaan mereka.

Bahasan dalam buku ini cerdas, praktis, dan dilengkapi saran bermanfaat membantu Anda mengantisipasi serangan dan memanfaatkannya untuk kepentingan anda, sehingga bisa mempertahankan gagasan yang bagus dan memberikan perubahan positif.

===
Data Koleksi Pustakloka Nus

Call number: 153.6 Kot B
hon P. Kotter dan Lorne A. whitehead. 2012. Buy-In: Memenangkan gagasan dengan sederhana, jelas, dan masuk akal. Jakarta: Elex Media Komputindo

Post a Comment

0 Comments