Looking For Anything Specific?

Header Ads

Review buku Local Champion: jurus utama jadi juara lokal


Kenapa local Champion? Mungkin pertanyaan itu yang muncul saat membaca judul buku ini. Kenapa tidak Global Champion? Atau paling tidak national Champion? Hermawan Kartajaya dalam buku Local Champion: jurus utama jadi juara lokal mengajukan tiga pertanyaan.


Pertama, Bisakah perusahaan global menjadi Champion di negeri jika pasar bernama Indonesia ini dianggap hanya memiliki satu wajah yang sama, sehingga Semua daerah mendapatkan pemasaran serupa?

Kedua Bisakah produsen nasional menjadi Champion di negeri ini jika mereka tidak pernah memahami keragaman potensi dan karakter pelanggan di setiap daerah, sehingga semua strategi dan taktik 100% disusun dari pusat tanpa memperhatikan keunikan Tiap cabang?

Ketiga Bisakah perusahaan lokal melebarkan sayapnya ke tingkat nasional atau bahkan Global tanpa terlebih dahulu membangun Pondasi yang kokoh di daerah asalnya?

Semua pertanyaan di atas akan terjawab dalam buku Local Champion: jurus utama jadi juara lokal ini. Buku ini akan terbagi ke dalam tiga bagian besar. Di bagian pertama membacakan disuguhi dengan strategi dan kasus-kasus perusahaan global dalam upayanya menjadi juara lokal di berbagai daerah di Indonesia. Di bagian kedua anda akan bertemu dengan kisah-kisah perusahaan nasional. Dan akhirnya di bagian terakhir anda akan disuguhi berbagai upaya kreatif perusahaan lokal sebagai tuan rumah di daerah.

Strategi dan taktik pemasaran yang dibahas dalam buku ini mencakup cara pengelolaan pelanggan (customer management), pengelolaan produk (product management), serta pengelolaan merk (brand management). Contoh-contoh yang diangkat merupakan kombinasi dari hasil observasi, wawancara, serta riset sekunder yang dilakukan oleh tim Markplus di berbagai daerah. Sebagian perusahaan yang kisahnya diangkat adalah benar-benar local champion yang sudah teruji, tentu tidak semua local champion di negeri ini kisahnya ada dalam buku ini. Sedangkan sebagian lainnya adalah challanger yang senantiasa berusaha mencari celah untuk bisa merebut posisi nomor satu di daerahnya.


===
Data koleksi Pustakaloka Nus

Call number: 658.839598 Kar L

Hermawan Kartajaya dan Ardhi Ridwansyah. 2013. Local Champion: jurus utama jadi juara lokal. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Post a Comment

0 Comments