Looking For Anything Specific?

Header Ads

Pengantar ekonomi pertanian - Yogi dan Sudrajati Ratnaningtyas




Ekonomi pertanian adalah bagian dari ilmu ekonomi umum yang mempelajari fenomena-fenomena dan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan pertanian, baik makro maupun mikro. Ilmu ekonomi pertanian di Indonesia berkembang dua pandangan, yaitu dari pandangan ilmu ekonomi dan pandangan ilmu pertanian. Dari pandangan ilmu ekonomi, maka Ilmu Ekonomi Pertanian merupakan penerapan ilmu ekonomi dalam bidang pertanian. Dari pandangan ilmu ekonomi, pengembangan ilmu ekonomi pertanian adalah dengan menerapkan teori-teori mikro dan teori ekonomi makro, serta ilmu-ilmu lain yang mendukung bidang pertanian. Di sisi lain, ilmu pertanian melihat Ilmu Ekonomi Pertanian sebagai bagian dari ilmu pertanian yang mempelajari aspek-aspek sosial ekonominya.


Buku Pengantar Ekonomi Pertanian karya Yogi dan Sudrajati Ratnaningtyas ini hanya sebuah  pengantar ilmu Ekonomi Pertanian sebelum mempelajari lebih dalam. Buku ini akan memberikan konsep-konsep yang mendasar sebagai bekal kemudian hari Jika ingin mempelajari ilmu ekonomi pertanian.

Dalam buku Pengantar Ekonomi Pertanian ini akan dibahas pengantar pemikiran ekonomi pertanian, kondisi umum pertanian dunia dan Indonesia, teori dasar makro dan mikro, usaha tani, tataniaga, perdagangan internasional bidang pertanian, agribisnis, kelembagaan, dan masa depan pertanian.

===
Data Koleksi Pustakaloka Nus
Call Number: 338.1 Yog P
Yogi dan Sudrajati Ratnaningtyas. 2012. Pengantar Ekonomi Pertanian. Bandung: Penerbit ITB

Post a Comment

0 Comments