Looking For Anything Specific?

Header Ads

Buku Gempa Bumi & Tsunami



Gempa bumi dan tsunami adalah kejadian alam biasa, kejadiannya tidak dapat dibangkitkan dan dihentikan oleh manusia. Oleh karena itu manusia yang dapat mempelajari dan menyesuaikan kehidupannya dengan kejadian dan gejala alam tersebut Bukan sebaliknya.

Buku Gempa Bumi & Tsunami ini disusun dengan maksud untuk memberikan informasi yang tepat tentang gempa bumi dan tsunami. Terutama yang berkaitan dengan pertanyaan mengapa terjadi gempa bumi, bagaimana proses terjadinya, apa dampaknya, langkah-langkah yang perlu diambil oleh masyarakat Indonesia, cerita hikmah dan pelajaran yang kita dapatkan.


Buku Gempa Bumi & Tsunami ini memaparkan Kejadian gempa bumi yang terjadi bukan hanya di Indonesia tetapi juga di negara-negara lain. Tujuannya dalam membangkitkan kesadaran masyarakat Indonesia yang sebagian besar hidup di wilayah rawan bencana gempa bumi dan tsunami. Kesadaran tersebut menimbulkan kesiapsiagaan diri pribadi dan kelompok masyarakat dalam penyelamatan diri jika sewaktu-waktu terjadi gempa bumi dan tsunami. Dengan demikian korban jiwa dan kerugian harta benda dapat ditekan sekecil mungkin.

Penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah, tetapi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat atau tanggung jawab kita bersama. Melalui buku ini diharapkan timbul kesadaran dan kesiapsiagaan bersama mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana gempa bumi dan tsunami. Dengan demikian akan terjadi hari keharmonisan kehidupan masyarakat dan kita bersama berdampingan dan bersinggungan langsung dengan daerah rawan bencana.

Buku Gempa Bumi & Tsunami ini secara khusus juga mengangkat gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Aceh pada tanggal 26 Desember 2004. Bencana ini merupakan bencana nasional yang menimbulkan korban jiwa dan harta serta kerusakan alam yang sangat dahsyat. Batu kiranya tsunami Aceh dijadikan Monumen bencana Dahsyat dalam sejarah bencana nasional bahkan dunia, yang dihayati oleh semua bangsa Indonesia maupun bangsa-bangsa di dunia secara luas.

---
Data Koleksi
Call number: 551.22 Tim g
Tim Penyusun. 2005. Gempa Bumi & Tsunami. Jakarta: Yayasan Sampai.

Post a Comment

0 Comments