Looking For Anything Specific?

Header Ads

Buku Al-Kindi: Perintis Dunia Filsafat Arab

Banyak ilmuwan, dari zaman dahulu maupun zaman sekarang, mengakui bahwa Ya'qub bin Ishaq Al-Sabbah Al-Kindi (sekitar 800 sampai 866 Masehi) ialah filsuf Arab pertama. Para akademisi juga seringkali menganggap beliau sebagai Perintis filsafat Arab. Gelar-gelar tersebut, meski mengesankan, bahkan belum mampu menunjukkan besarnya peranan Al-Kindi dan hasil-hasil pemikirannya yang luar biasa. Dia adalah laki-laki Renaissance di dunia Arab bahkan ratusan tahun sebelum Renaissance terjadi di Eropa. Rasa ingin tahunya yang tak pernah terpuaskan dan pencariannya terhadap pengetahuan menyebutkan segala jenis bidang ilmu pada masa hidupnya berada dalam lingkup keahliannya.


Sepanjang hidupnya, al-kindi telah menulis antara 200 dan 270 buku serta makalah. Banyak tulisannya yang sudah hilang dan yang masih ada pun belum diterjemahkan semua oleh para ahli. Dalam beberapa dasawarsa terakhir, sebagian besar tulisannya bermunculan ke permukaan. Tulisan-tulisan tersebut menjelaskan banyak teori dan ajaran Al-Kindi.


Al-Kindi berusaha menyesuaikan beberapa perbedaan yang telah memisahkan bangsa timur dan bangsa barat selama ribuan tahun. Di satu sisi, ada begitu banyak pandangan keagamaan dan ideologi yang muncul dari kebudayaan Arab. Namun di sisi lain, terdapat pula pemikiran yang terkait langsung dengan kebudayaan Yunani. Al-Kindi menciptakan jembatan yang menghubungkan jurang antara pemikiran barat dan pemikiran Timur.  Itu saja sebenarnya sudah cukup menjadikan karyanya relevan hingga masa kini, namun nyatanya dia juga membawa pemikiran tersendiri dalam tulisan-tulisannya. Al-Kindi ini memang seorang Arab, namun layaknya para filsuf Yunani sebelumnya, karya-karyanya adalah milik dunia untuk dibaca dan dinikmati oleh semua orang.


Al-kindi juga ilmuwan serba bisa. Dia juga berkarya dalam psikologi, kimia, astronomi, Matematika, Fisika dan banyak ilmu lainnya. Buku Al-Kindi: Perintis Dunia Filsafat Arab, karya Tony Abboud ini memisahkan segala riwayat Al Kindi, berikut segala karya dan pemikirannya, serta apa sumbangannya bagi kemajuan ilmu dalam peradaban dunia.


---

Data Koleksi Pustakaloka Nus 

Call number: 921 Abb a

Tony Abboud. 2013. Al-Kindi: Perintis Dunia Filsafat Arab. Jakarta: Muara

Post a Comment

0 Comments