Looking For Anything Specific?

Header Ads

Buku Konselor dakwah: dasar-dasar ilmu konseling bagi murabbi dan aktivis dakwah


Deskripsi buku Konselor dakwah: dasar-dasar ilmu konseling bagi murabbi dan aktivis dakwah


Konseling adalah bantuan yang diberikan oleh seorang pemimpin (konselor) kepada seorang konseli atau sekelompok konseli (klien, terbimbing) untuk mengatasi problem dengan jalan wawancara dengan maksud agar klien atau sekelompok klien tersebut mengerti lebih jelas tentang problemnya sendiri dan mampu memecahkan problem sesuai dengan kemampuannya, dengan mempelajari saran-saran yang diterima dari konselor.

Yang dimaksud konselor adalah pihak yang melakukan konseling, sedangkan konseli atau klien adalah pihak yang mendapatkan konseling. Hubungan dalam konseling itu bersifat membantu bukan memberi atau mengambil alih pekerjaan orang lain. Membantu tetap memberi kepercayaan kepada kalian untuk bertanggung jawab dan menyelesaikan permasalahannya sendiri dengan dorongan dan motivasi.

Hubungan dalam konseling dibangun berbeda dengan pola hubungan sosial pada umumnya, karena konseling memerlukan hubungan yang terjalin dengan keterbukaan, pemahaman, penghargaan secara positif, dan empati. Pembekalan dan pelatihan bagi konselor agar bisa menempatkan diri secara tepat dan proporsional dalam menjalankan konseling.

Buku Konselor dakwah: dasar-dasar ilmu konseling bagi murabbi dan aktivis dakwah merupakan buku panduan yang berisi narasi ringkas dan sederhana dimaksud dengan memberikan dasar-dasar pengenalan kepada calon konselor Rumah Keluarga Indonesia (RKI), para murobi, para dai, para mubaligh, para ustad serta para pelaku program kaderisasi agar memahami dunia konseling secara benar. Harapan yang bisa menjadi modal awal untuk melangkah dalam dunia konseling yang sangat spesifik dan khas berbeda hubungan sosial pada umumnya.

Narasi dalam buku Konselor dakwah: dasar-dasar ilmu konseling bagi murabbi dan aktivis dakwah ini disajikan dengan penjelasan ringkas, yang harus diperdalam dengan diskusi dan praktik konseling. Narasi ini terbagi menjadi sebelas bagian sebagai berikut:
  1. Pendahuluan
  2. Tujuan konseling
  3. Aktivitas konseling, tinjauan konselor
  4. Aktivitas konseling, tinjauan klien
  5. Reaksi-reaksi klien atas permasalahan
  6. Dasar etika konseling
  7. Teknik umum konseling
  8. Keterampilan konselor
  9. Beberapa tindakan yang harus dihindari konselor
  10. Di ruang konseling
  11. Penutup

=== 
Data Koleksi Pustakaloka Nus

Call number: 297.74 Tak K
Cahyadi Takariawan dan Ida Nur Laela. 2012. Konselor dakwah: dasar-dasar ilmu konseling bagi murabbi dan aktivis dakwah. Solo: Era Intermedia

Post a Comment

0 Comments