Looking For Anything Specific?

Header Ads

Emak ingin naik haji sebuah skenario

Emak ingin naik haji sebuah skenario

Emak adalah seorang janda tua penjual kue keliling. Dia tinggal bersama Zein, putra keduanya yang seorang duda berumur 30 tahun sekaligus penjual lukisan kaligrafi. Emak memiliki impian dan kerinduan yang mendalam, yaitu naik haji. Dia pun menabung bertahun-tahun untuk mewujudkan impiannya tersebut.

Sangat ironis, di depan rumah sederhana Emak yang semipermanen berdinding kayu, berdiri rumah mewah miliki Haji Saun – pengusaha besi tua dan jual-beli kapal yang kaya raya. Hampir setiap tahun Haji Saun berangkat haji atau umrah bersama keluarganya.

Zein menyadari impian emaknya tersebut. Dia merasa sebagai anak yang tidak berguna. Namun, dia juga harus realistis mengenai kondisi ekonominya yang sangat kurang. Apalagi lukisan kaligrafinya jarang dibeli orang. Ditambah pula oleh kenyataan bahwa Aqsa, anaknya, harus menjalani operasi. Emak menawarkan tabungannya untuk membiayai operasi Aqsa, namun ditolak oleh Zein. Dia malah menyusun rencana untuk mencuri uang milik Haji Saun. Tetapi, di tengah aksinya, Zein tersadar itu perbuatan yang tidak pantas. Dia pun mengurungkan niatnya. Namun, saat melompat pagar hendak pulang, beberapa warga kampung memergokinya. Zein pun dikejar.

Bagaimana kelanjutannya? 


Buku ini terbagi dalam empat bagian besar, yakni Kata Pengantar dari masing-masing penulis skenario, pada bagian ini kedua penulis membongkar proses kreatif mereka dalam membuat skenario dari film ini, lalu ada bagian Deskripsi Karakter Pemain, Keterangan Istilah Sinematografi, dan Skenario 134 scenes.


Bagi pembaca awam atau pemula dalam dunia skenario akan sangat terbantu dengan Keterangan Istilah Sinematografi, misalnya: background, big close up, black out, cut to, dissolve, established, EXT, FI/FO, FS, In Frame, INT, Intercut, OS, Out/Out Frame, Parallel Cutting, POV, Slowmotion, Title, dan Trade Mark.

Lantas, di bagian skenario, pemahaman pembaca mengenai istilah-isitilah tersebut di atas makin terasah. Tentu saja, pembaca juga sekaligus menikmati jalinan cerita yang filmis.

---
Data koleksi Pustakaloka Nus

791.437 Gum E

Aditya Gumay dan Adenin Adlan. 2009. Emak ingin naik haji sebuah skenario. Jakarta : Hikmah

Post a Comment

0 Comments