Looking For Anything Specific?

Header Ads

Buku biar kuncupnya mekar jadi bunga - Anis Matta

Buku biar kuncup nya mekar jadi bunga adalah karya dari Anis Matta. Seorang Ustadz muda lulusan Lipia Jakarta. Buku ini disusun dari tulisan-tulisan dalam kolom Ayah majalah Ummi.

Tulisan-tulisan dalam buku ini berbeda dengan tulisan-tulisan anis Matta yang lain. Dikolom Ayah Anis bener-bener menulis sebagai ayah bagi anak anaknya dan sebagai suami bagi istri nya. Nuansanya benda-benda bersifat pribadi. Sang penulis yang mewakili dirinya sendiri disini dan bukan sekedar pikiran-pikirannya. Maka Mengalirlah tulisan-tulisan itu dan di setiap kata di dalamnya adalah sepotong hati pantai anak pikiran sekaligus. Kata membahasakan denyut nadi kehidupan sang penulis.

Anis Matta tidak merasa sedang menasehati atau sedang membimbing orang lain melalui tulisan ini. Barangkali ada saja yang merasa terbimbing dan terarah kan. Yang penulis lakukan di sini adalah pekerjaan yang sungguh-sungguh bersifat sangat pribadi, pikiran dan perasaan penulis sebagai ayah dan suami dalam bentuk kata-kata. Hanya itu!

Tapi kemudian kenyataannya adalah kalimat-kalimat itu secara keseluruhannya menjadi lukisan kepribadian sang penulis. Penulis sudah bisa melakukan pemisahan pesan di sini. Apa yang penulis rasakan selalu menemukan bahasanya dalam pikiran penulis. Dan apa yang penulis pikirkan selalu menemukan suasananya dalam perasaan penulis. Keduanya menjadi utuh dan tak terpisahkan karena objeknya bersifat tunggal, pengalaman hidup pribadi.

Jadi tulisan-tulisan dalam buku ini hanya sebuah usaha kecil untuk investasi pengalaman-pengalaman itu, yang mungkin saja tidak jauh berbeda dengan pengalaman-pengalaman dari sederetan ayah yang lain. Sebagai seorang ayah, penulis tidak pernah merasa sempurna. Tapi penulis percaya pada proses untuk menjadi sempurna. Dan itulah hakikat pembelajaran, bergerak atau sikap sempurna secara konstan.

--
Data Buku di Pustakaloka Nus

Call Number 297.577 Mat b
Anis Matta. 2005. Biar Kuncupnya Mekar jadi Bunga. Jakarta: Pustaka Ummi

Post a Comment

0 Comments