Looking For Anything Specific?

Header Ads

Review buku The Power of Financial quotient



Akhir-akhir ini diskusi tentang kecerdasan finansial atau financial quotient semakin hangat. Terlebih setelah terbitnya buku-buku karya Robert kiyosaki dalam seri Rich dad poor dad. Buku-buku serupa dari para penulis lokal pun bermunculan. Hal ini bermuara pada suatu kesadaran ternyata ada kecerdasan lain selain kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual yang juga turut menentukan season seseorang, terutama kaitannya dengan kesejahteraan finansial. Dan kecerdasan yang dimaksud adalah kecerdasan finansial.


Dalam hal ini, penulis buku The Power of Financial quotient, ingin urun rembuk dalam diskusi tentang kecerdasan finansial dengan menyajikan gagasan yang baru, segar, daun berbeda dengan buku-buku lain yang sudah terbit sebelumnya. Buku ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis dalam merintis dan membangun usaha dari nol, tanpa modal sama sekali. Di samping tentunya memiliki basis epistemologi yang kuat. Penulis berusaha menulis dengan lugas dan jernih dalam bahasa yang mudah dipahami oleh khalayak umum. Dengan harapan gagasan dalam buku ini dapat dipahami dengan baik oleh pembaca untuk Kemudian diaplikasikan dalam kehidupan keseharian.

Melalui buku ini penulis ingin mengajak pembaca untuk membangun kecerdasan finansial berdasarkan rukun Islam. Islam sebagai agama yang komprehensif sejatinya telah memberikan penjelasan tentang cara membangun kecerdasan finansial. Hanya saja kita enggan untuk mengkajinya secara mendalam. Itu penulis ingin berbagi pengalaman dengan pembaca, diskusi tentang kecerdasan finansial dalam bahasa kesetaraan yang sederhana dan bersahabat. 

Buku ini akan membimbing, melatih, dan mengasah kecerdasan finansial Anda level domain level sehingga Anda mencapai puncak kecerdasan finansial. Level 1 adalah kecerdasan mendapatkan uang. Level 2 adalah kecerdasan mengelola uang. Level 3 adalah kecerdasan memberdayakan uang. Level 4 adalah kecerdasan menggunakan uang secara tepat agar tercipta kemakmuran yang berkelanjutan di dunia dan akhirat. Level 5 adalah Ultimate of financial quotient yaitu keberkahan finansial.

---
Call number: 332.024 Ban t
Muhammad Syafi'ie el-Bananie. 2008. The Power of Financial quotient. Tangerang: Sahabat Sejati

Post a Comment

0 Comments