Looking For Anything Specific?

Header Ads

Resensi buku Pengelolaan Perpustakaan


Dua hal penting yang merupakan konsen perpustakaan modern dewasa ini adalah kepuasan pengguna dan pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja perpustakaan. Perpustakaan didirikan memang untuk digunakan dan dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam usaha manusia untuk mengembangkan diri, meningkatkan ilmu pengetahuan, dan mensejahterakan kehidupannya. Oleh karenanya perpustakaan perlu terus-menerus berusaha dan berbenah diri agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin penggunanya secara memuaskan.

Buku pengelolaan perpustakaan ini dipersembahkan kepada sidang pembaca, baik para praktisi maupun akademisi yang bergelut untuk mengembangkan perpustakaan modern yang efektif dan efisien.


Pokok-pokok penting yang dibahas dalam buku ini adalah sebagai berikut:

  • Pengantar umum: perpustakaan tujuan didirikannya perpustakaan, berbagai jenis perpustakaan dan fungsinya, perencanaan gedung perpustakaan, komputerisasi perpustakaan, dan kegiatan-kegiatan pokok perpustakaan.
  • Pengembangan koleksi: pemilihan, pemesanan, pembelian, dan inventarisasi bahan pustaka, baik buku maupun terbitan berkala.
  • Pengolahan koleksi: penentuan subjek, klasifikasi, penentuan tajuk, entry data, brian kelengkapan koleksi agar dapat dilayankan kepada pengguna perpustakaan.
  • Layanan pengguna: jenis-jenis layanan, sistem layanan, layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan terbitan berkala, layanan pendidikan pengguna.
  • Pemeliharaan koleksi: sumber penyebab kerusakan koleksi, akibat akibat yang ditimbulkannya, cara-cara untuk mengatasi kerusakan koleksi, dan kegiatan pemeliharaan koleksi.

---
Data Koleksi
Call Number: 025 Rah p
F. Rahayu Ningsih (editor).  2007. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Post a Comment

0 Comments